Rabu, 31 Oktober 2012

Peringatan idul qurban 2012


 Sebagaimana pada tahun-tahun sebelumnya, peringatan Idul Adha di MTsN Malang III dilakukan dengan melaksanakan Sholat Idul Adha dan menyembelih hewan kurban. Sholat yang dilaksanakan pada hari Minggu, 6 Nopember 2001 jam 06 pagi itu, diikuti oleh seluruh siswa, guru dan karyawan serta wali murid.  Tampak hadir di tengah-tengah jamaah, Kepala Madrasah, Drs. Samsudin, M.Pd dan Ketua Komite Madrasah, Drs. Sulhan, M.Pd. Sebagai Imam sekaligus khatib dalam sholat Idul Adha tersebut adalah Bapak Khoirul Anwar, M.A.

Dalam khutbahnya, khatib menyampaikan perlunya meneladani sikap dan prilaku Nabi Ibrahim. Diantaranya adalah dengan belajar mengenal Allah Swt. Saat ini , menurutnya, usaha untuk mengenali Allah itu dapat dilakukan dengan cara menuntut ilmu sebanyak-banyak dan sedalam-dalamnya,  karena ilmu akan menguak tanda-tanda kebesaran Allah dan mengantarkan manusia untuk mengenal Allah. Di samping itu, agar bisa sukses seperti halnya Nabi Ibrahim, maka seorang muslim, khususnya para pelajar, harus menghormat dan berbakti kepada orang tua.
Adapun pelaksanaan kegiatan penyembelihan hewan kurban dilaksanakan setelah selesai Sholat Idul Adha. Pada tahun ini, MTsN Malang 3 menyembelih 1 ekor sapi dan 1 ekor kambing. Bapak H. Sakip S.Ag, ketua panitia peringatan Idul Adha 1432 H menyatakan bahwa pelaksanaan peringatan Idul Adha pada tahun ini alhamdulillah berlangsung dengan lancar. Lebih lanjut Guru Fiqih sekaligus Waka Keagamaan ini menyatakan bahwa, daging kurban dibagikan kepada kaum fakir miskin di sekitar Madrasah. Diharapkan pada tahun-tahun yang akan datang ada peningkatan jumlah hewan kurban sehingga bisa lebih banyak lagi daging yang bisa dibagikan kepada masyarakat sekitar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar